My Product

My Product

Senin, 18 Januari 2016

Sinergi

Sinergi
Sinergi


Update terbaru artikel-artikel menarik, renyah, dan inspiring tentang manajemen keuangan, akuntansi, karir bidang keuangan, dan personal finance pindah ke  www.manajemenkeuangan.net



Di artikel tentang Fokus pada Core Competence disinggung tentang sinergi antara perusahaan resto fast food dengan perusahaan logistik. Sinergi keduanya menghasilkan peningkatan pertumbuhan. Perusahaan resto fastfood sudah tidak repot-repot mengurusi masalah delivery, sehingga lebih fokus pada pengembangan produk dan outlet. Sedangkan bagi perusahaan logistik akan meningkatkan omset.

Contoh-contoh berikut ini juga bisa menggambarkan mengenai ‘sinergi’:

Satu orang punya teri, orang lain punya gula dan cabe. Keduanya bertemu untuk memasak dan kemudian menikmati kerenyahan teri balado sambil ngobrol santai, itulah sinergi

Satu orang punya potensi X, yang lain punya potensi Y, kemudian keduanya membuat Z yang nilainya jauh lebih besar dari pada jumlah X dan Y, itulah sinergi.

Satu orang punya idle capacity X, yang lain punya idle capacity Y, kemudian keduanya memanfaatkan nya untuk membuat produk Z. Menciptakan nilai tinggi dari sesuatu yang terbengkalai. Itulah sinergi.

Sinergi

(sumber:https://en.wikipedia.org/wiki/The_7_Habits_of_Highly_Effective_People)

Menurut Stephen R Covey, perkembangan kemandirian bermula dari dependent(tergantung pada orang lain), kemudian berkembang menjadi independent(mandiri) dan selanjutnya menjadi interdependent.

Sinergi hanya mungkin terjadi antara sesama independent. Bila salah satu masih dependent, itu namanya menolong. Bukan sinergi. 

Maka, sinergi adalah bukti tak terbantahkan bahwa seseorang sudah independent, atau bila perusahaan, maka itu bukti bahwa perusahaan sudah independent.  


Sinergi
bersinergikah?


Bagaimana dengan PT Krakatau Posco dan PT Krakatau NipponSteel Sumikin? PT Krakatau Posco adalah penggabungan, atau perusahaan yang dibentuk oleh PT Krakatau Steel (Persero) dengan Pohang Steel Corporation (Korea Selatan). Sedangkan PT Nippon Krakatau adalah perusahaan yang dibentuk oleh PT Krakatau Steel ( Persero ) dan Nippon Steel (Jepang). 

Lalu,Apakah kedua perusahaan itu bisa dikatakan sebagai salah satu bentuk sinergi?

Artikel berikut ini barangkali cocok untuk menambah wawasan Anda:

*** 




0 komentar:

Posting Komentar