My Product

My Product

Senin, 15 September 2014

Model Pembayaran Binis online

Model Pembayaran Binis online
model-pembayaran-binis-online  


Dua hari yang lalu saya melihat tayangan di sebuah stasiun TV “....memang beda” mengenai penipuan di internet. Salah satu tip yang diberikan agar tidak kena tipu adalah “Jangan Membayar Dulu!”.

Pertanyaannya adalah “ maukah pembeli mengirim barangnya sebelum ada pembayaran?”

Prinsip kehati-hatian memang sangat perlu, tapi tidak usah berlebihan. Jangankan di dunia online, aksi tipu menipu juga ada di dunia offline! Sehingga kita perlu mengetahui tipe-tipe pelanggan.

Celah ini dilihat dan manfaatkan oleh sebagian orang menjadi ladang bisnis yang menggiurkan. Mereka mendirikan marketplace, di mana pembeli dan penjual bisa bertransaksi dengan relatif aman.

Pengalaman saya bertransaksi melalui market place yang cukup terkenal jluntrungannya gak jelas. Barang sudah saya kirim dan sudah diterima pemesan, pembayarannya? Gak jelas, akhirnya ya tak ikhlaskan saja sebagai sedekah.

Jadi, walaupun kita bertransaksi di market place sikap kehati-hatian harus selalu di jaga!

Lalu yang tepat gimana dong?

Di dunia online maupun offline “kepercayaan” adalah salah satu modal terpenting yang harus dimiliki. Bahkan ada seorang utusan Tuhan yang mendapat gelar “ Bisa Dipercaya “. Gelar itulah konon yang mengantarkan beliau menjadi pebisnis ulung dan disegani masyarakat.

Kalau ‘kepercayaan’ itu sudah melekat, maka pembeli akan dengan nyaman mengirim pembayaran tanpa dihinggapi rasa was-was dan khawatir.
Demikian pula dengan penjual, biasanya mereka memiliki insting yang bisa menyimpulkan bahwa suatu transaksi itu benar atau abal-abal.

Lalu bagaimana membangun ‘kepercayaan’?

Yang paling sederhana adalah mudahkanlah orang lain meng-akses kita! Entah lewat telepon, email, socmed, atau bertemu langsung. Cantumkan semua sarana akses yang digunakan di website kita. Konsekuensinya, ya kita jangan hanya menampilkan, tapi juga benar-benar dilaksanakan.

Seiring dengan berjalannya sang waktu, bila langkah-langkah itu dijalankan dengan tekun niscaya ‘kepercayaan’ itu akan kita peroleh dan imbasnya bisnis kita akan bertumbuh. Dan yang paling penting di atas itu semua adalah ‘do’a.

Bagaimana dengan Anda?

Selamat menikmati bisnis online yang penuh tantangan! Sukses

Artikel berikut baik untuk membuat sistem administrasi bisnis online Anda :
1. Tool Bantu untuk Administrasi Bisnis Anda ( Bagian ke-1 )
2. Tool Bantu untuk Administrasi Bisnis Anda ( Bagian ke-2 )

0 komentar:

Posting Komentar