My Product

My Product

Kamis, 14 Agustus 2014

Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda

Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda




Seberapa pentingkah penggunaan teknologi informasi untuk bisnis Anda?

Kapan saat yang tepat untuk meng-implementasikan teknologi informasi?

Seberapa besar dana yang digunakan untuk meng-implementasikan teknologi informasi?

Itu beberapa pertanyaan yang sering ditemui pada pelaku bisnis, khususnya bagi mereka yang baru memulai atau yang ingin mengembangkan usahanya.

Saat ini, seperti yang kita lihat, dengarkan, dan rasakan, perkembangan teknologi sangat pesat. Hampir tiap hari  kita dijejali berbagai iklan tentang teknologi. Teknologi sudah menjadi ‘komoditi’, bukan lagi sesuatu yang mewah dan mahal serta hanya bisa dinikmati oleh orang-orang tertentu.

Kembali ke pertanyaan tentang seberapa pentingkah penggunaan teknologi informasi untuk bisnis Anda? Jawabannya adalah kembali kepada visi dan misi bisnis Anda! Bila Anda berkeyakinan bahwa denggan menggunakan teknologi informasi akan dapat membantu mewujudkan visi dan misi Anda maka penggunaan teknologi informasi adalah sebuah keniscayaan.

Sebaliknya, bila penggunakan teknologi informasi tidak akan berdampak pada pencapaian visi dan misi Anda maka untuk apa menggunakan teknologi informasi.

Kedua alasan itu, mungkin sebagai jawaban ekstrim, pada kenyataan tidak seperti itu. Sekolot apapun Anda, saya yakin hampir semua bisnis menggunakan teknologi informasi, paling tidak menggunakan aplikasi semisal Excel dan pengolah kata; Words.

Apabila Anda baru menjalankan bisnis, atau bisnis Anda berada pada skala kecil menuju menengah, dua aplikasi itu sudah cukup untuk mendukung aktivitas bisnis. Aplikasi semacam Excel sangat powerfull untuk mendukung bisnis Anda, sejak perencanaan sampai report dan analisa seperti pembuatan laporan keuangan.

Kita ingin kan bisnis yang didirikan bertumbuh? Setelah bisnis berkembang maka aplikasi semacam Excel dan Word harus dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi yang lain, seperti aplikasi accounting; MYOB, Accurate atau aplikasi Enterprise Resources Planning ( ERP ) SAP B1.

Salah satu usaha yang sedang kami kelola yaitu penjualan hasil laut; teri nasi goreng, kripik ikan kalapan juga sudah memanfaatkan aplikasi-aplikasi di atas.

Bila ingin berdiskusi dan ingin meng-implementasikan untuk usaha Anda, bisa menghubungi kami di sini sedikit promosi hehehe.....

Bila kecepatan bisnis terus tumbuh sehingga bisnis menjadi besar, maka penggunaan teknologi juga harus diperbarui. Aplikasi-aplikasi di atas sudah tidak relevan lagi untuk digunakan. Untuk skala ini, kebanyakan memanfaatkan aplikasi Enterprise Resources Planning ( ERP ) dengan membangun sendiri atau yang sudah tinggal pakai seperti SAP, Adempiere.

Sekali lagi itu adalah sebuah pilihan! Da,n bila pilihan Anda adalah tetap tidak ingin menggunakan teknologi informasi dengan tetap mempertahankan penggunaan semacam kitir, congklak, kotak kiri-kanan, dan sejenisnya juga monggo, lalu perhatikan apa yang akan terjadi! ( meminjam kalimatnya Om Mario Teguh )

Kesimpulannya, bila penggunaan teknologi informasi dianggap penting maka manfaatkan, tapi bila tidak penting maka tidak usah digunakan!

Bersambung....

Artikel bagian ke-2 dan ke-3 :
1. Tips memilih aplikasi bisnis ( bagian ke-3 )
2. Tips memilih aplikasi Bisnis ( Bagian ke-2 )

0 komentar:

Posting Komentar