My Product

My Product

Senin, 01 September 2014

Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda? ( bagian 3 dari 3 tulisan )

Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda? ( bagian 3 dari 3 tulisan )



Pertanyaan ketiga adalah berapa besar dana yang dibutuhkan untuk implementasi sistem teknologi informasi?

Jawabannya adalah tergantung pada besarnya  bisnis dan modul apa saja yang akan di-implementasikan. Semakin besar  bisnis dan modul yang di-implementasikan tentu semakin besar dana yang dibutuhkan.

Kalau berminat menggunakan aplikasi seperti SAP Anda bisa menghubungi : www.sap.com atau aplikasi buatan anak negeri hubungi : www.beeaccounting.com. Silahkan tinggal pilih kebutuhan Anda.

Bagaimana dengan UKM ?

Iya dong, karena bisnis UKM akan sangat berbeda dengan konglomerasi. Demikian juga beda dong, bila hanya mengimplementasikan modul keuangan dengan yang keseluruhan modul.

Lalu bagaimana hasilnya? Ya beda juga.

Mereka yang meng-implementasikan sebuah sistem yang terintegrasi antara satu bagian/departemen dengn departemen/bagian lain relatif lebih baik dibandingkan dengan mereka yang hanya meng-implementasikan untuk satu bagian/departemen.

Dengan sistem yang tertintegrasi, satu data bisa digunakan oleh banyak departemen. Misalnya data penjualan, hanya dibutukan satu kali input, selanjutnya data itu bisa digunakan oleh departemen Accounting, Finance, Purchasing, Produksi, dan Gudang.

Bagian produksi akan dengan mudah dan cepat memprediksikan kebutuhan raw material yang akan digunakan, tingkat biaya yang paling efisien, serta sumbernya. Purchasing departemen akan bisa langsung mencari dan menghubungi supplier yang paling kompetitif.

Demikian juga dengan departemen lain seperti Finance&Accounting dan Marketing. Mereka akan dengan relatif mudah dan cepat mendapatkan sumber informasi yang dibutuhkan.Sistem seperti itu akan mengakibatkan sebuah proses bisnis yang efisien dan menguntungkan.

Hal terpenting yang harus dicermati adalah membuat perencanaan secara detail, sehingga akan diketahui perbandingan antara sebelum dengan sesudah impelemntasi IT. Hal itu harus benar-benar dicermati agar sebuah proyek implementasi sistem IT tidak mandeg di tengah jalan dan akhirnya gagal.

Bagaimana pendapat Anda?

Bagian ke-1 dan ke-2 bisa dibaca pada artikel berikut :
1. Mau Pakai Software Apa Ya? ( bagian ke-1 )
2. Mau Pakai Software Apa ya ? ( Bagian ke-2)

***

0 komentar:

Posting Komentar