My Product

My Product

Selasa, 02 September 2014

Sekali lagi Customer/pelanggan!


Sekali lagi Customer/pelanggan
sekali-lagi-customer-pelanggan



Walaupun judulnya “sekali lagi....” bukan berarti ini yang terakhir, masih ada kelanjutannya, semua tergantung pada perjalan bisnis ke depan, sebab tulisan di blog ini adalah kumpulan pengalaman dari perjalanan bisnis.

Setiap langkah, terutama tentang moment yang saya anggap penting dan berkesan akan terekam dalam tulisan di blog ini. Dan kami tidak bertanggung jawab bila implementasi ditempat lain menghasilkan sesuatu yang berbeda hehehe......

Begini ceritanya :

Setiap pengusaha, pastinya sering menghadapi calon pelanggan yang mencari informasi produk yang kita jual dengan menggebu-gebu, tapi ketika ditanya “ Bapak mau beli berapa ?” segera calon pelanggan ngeloyor gak tahu jluntrungannya alias kabuuuurrrr...

Jangankan yang masih ‘calon’, beberapa yang sudah jadi ‘pelanggan’ saja masih sering seperti itu! Itulah kehidupan! Berisi banyak orang dengan karakter berbeda.

Menghadapi kondisi seperti itu, apakah kita hanya bisa mengeluh, mengumpat, menyesal, atau marah-marah? Kagak perlu Bro. Biarkan saja dan cari yang lain! Ini mungkin solusi ekstrem-nya.

Lalu yang tidak ekstrem seperti apa? Yakinlah bahwa setiap masalah selalu ada solusinya. Coba awali dari cara berkomunikasi. Setiap orang pasti memiliki sisi positif, cari sisi positif itu dan sentuhlah dengan cara yang baik. Kata Pak Ustad hati hanya bisa disentuh dengan hati.

Hal lain yang perlu dicermati adalah mencari suasana yang tepat. Bukan berarti kita harus mengajak customer/calon customer makan malam di tempat romantis, atau mengajak ke tempat wisata, atau mengajak ke tempat hiburan.

Cara itu bisa saja dilakukan, tapi cobalah untuk berpikir out the box. Cara itu sudah kuno, sering dipakai, menghabiskan biaya yang tidak sedikit, dan belum tentu diperbolehkan oleh aturan agama. So, cari cara yang kreatif!  

Contohnya apa dong? Ajak kerjasama yang saling menguntungkan! Itu salah satunya, adakah ide-ide yang lain, silahkan di-sharing.     

Artikel ini juga menarik untuk menambah wawasan Anda : Menjadi Supplier Modern Market dan Liburan, surga industri makanan.

***

0 komentar:

Posting Komentar