My Product

My Product

Selasa, 19 Agustus 2014

Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda? ( bagian 2 dari 3 tulisan )


Tips Memilih Aplikasi untuk Bisnis Anda? ( bagian 2 dari 3 tulisan )




Untuk pertanyaan kedua, kapan saat yang tepat untuk meng-implementasikan teknologi informasi?

Jawaban dari pertanyaan ini juga tergantung dari pendirinya. Ada pendiri bisnis yang sejak awal menerapkan teknologi informasi untuk mendukung aktivitas usahanya. Ada yang menerapkan teknologi secara bertahap yang disesuaikan dengan pertumbuhan usaha. Ada juga yang menerapkan teknologi informasi ketika kondisi usahanya memang ‘mengharuskan’.

Pertanyaan selanjutnya adalah dari ketiga model penerapan teknologi informasi itu, mana pilihan model yang paling baik?

Semua pilihan di atas memiliki kelebihan dan kekurangan.  Bila penerapan teknologi informasi dilakukan sejak awal berdirinya sebuah bisnis, maka proses bisnis yang terjadi sudah diantisipasi sebelumnya sehingga jalannya aktivitas bisnis dan TI sudah sejalan dari awal.

Sedangkan kelemahannya adalah sering dalam perkembangan sebuah bisnis tidak / kurang sesuai dengan perencanaan. Dinamika yang berkembang melenceng dari perencanaan awal.  Sehingga kondisi ini mengharuskan penyesuaian yang terus menerus.

Bila perubahan yang ada skala-nya kecil, maka perubahan itu tidak akan terlalu berpengaruh terhadap sistem dan struktur dasar dari sistem teknologi informasi yang digunakan. Tapi bila perubahan-perubahan yang terjadi semakin besar maka mau tidak mau harus ada perubahan yang fundamental pada sistem dan infrastruktur teknologi informasi, bahkan bisa jadi diperlukan penggantian sistem dan infrastruktur teknologi informasi.

***
Untuk jawaban kedua, kelebihannya adalah karena penerapan teknologi informasi dilakukan secara bertahap maka sang pebisnis bisa melakukan budgeting anggaran dengan lebih baik. Sehingga pengeluaran dana lebih efektif dan efesien.

Kekurangannya adalah pebisnis harus jeli dan bisa memberikan analisis yang tepat kapan penerapan teknologi informasi itu di-implementasikan. Selain itu, karena sejak awal berdirinya bisnis belum diterapkan teknologi informasi maka diperlukan effort yang lebih keras ketika akan menerapkan teknologi informasi.

Bila perkembangan bisnis semakin cepat dan besar maka model pertama dan kedua hampir sama. Kedua model itu mengharuskan pengusaha untuk lebih keras lagi menerapkan teknologi informasi dengan spesifikasi yang lebih tinggi. Cara-nya bisa meng-upgrade dari yang sudah ada atau mengganti total dengan yang baru.

***

Untuk pilihan ketiga, laksana sebuah paksaan untuk menerapkan teknologi informasi. Namanya paksaan maka pada awalnya tidak meng-enak-kan. Iya kan? 
Tapi hal ini harus dilakukan bila pebisnis tidak ingin tergilas oleh jaman dan tinggal sejarah!

Akhirnya keputusan kembali pada Anda, dan Anda sendirilah yang seharusnya paling tahu bisnis Anda?

Bagaimana pendapat Anda?

Untuk bagian ke-3 silahkan baca di sini : Tips memilih aplikasi bisnis ( bagian ke-3 ) dan Tips memilih aplikasi bisnis ( bagian ke-1 )

Barangkali artikel berikut ini cocok untuk Anda yang ingin  menganalisa Laporan Keuangan :
1. Cara menganalisa Laporan Keuangan ( Bagian ke-1 )
2. Tips Menganalisa Laporan Keuangan


*** 

0 komentar:

Posting Komentar