Kreatif |
Kata orang
agar usaha atau bisnis bisa meningkat maka perlu kreatif!
Sebagai
contoh adalah PT Kereta Api Indonesia dan PT Pos Indonesia sebagai salah satu perusahaan logistik. Seandainya kedua
perusahaan plat abang itu tidak
berevolusi dengan inovasi baru yang kreatif, niscaya keduanya tinggal sejarah. Kini,
kedua perusahaan itu mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berbagai inovasi
kreatif-nya.
Lalu
bagaimana dengan kita, sudahkah berinovasi untuk meningkatkan usaha kita?
Tentu sudah
banyak yang melakukan, atau baru sedikit, atau masih coba-coba untuk menemukan
formula yang tepat, yang pasti terus berusaha, jangan berhenti hehehe....
Semakin banyak
kita bergerak dan mencoba, semakin banyak juga template yang ditemukan. Perlu tenaga
banyak? Iya emang seperti itu, tapi yakinlah bahwa tak ada yang sia-sia tenaga
yang sudah dikeluarkan.... masih kata orang “ semua akan indah pada waktunya”
Langkah awal
yang bisa dilakukan adalah melakukan benchmarking, bukankah ada yang mengatakan
bahwa tidak ada yang benar-benar baru di dunia ini, yang ada hanyalah
pengulangan.
Luangkan
waktu sejenak untuk mengamati produk sejenis dari produsen lain. Bukan berarti
kita ‘hanya’ menjadi pengikut, tapi langkah ini akan kita jadikan sebagai
pembanding. Ada kan sebuah pepatah “ seperti katak dalam tempurung “, yang
kurang lebih maksudnya adalah bila kita tidak pernah melihat ‘dunia luar’, kita
akan jauh tertinggal. Kita sudah menganggap produk kita hebat, tapi tatkala
melihat yang diproduksi produsen lain ternyata jauh tertinggal.
Maka
sekali-kali kita perlu melongok keluar!
Langkah
berikutnya beri ‘sedikit’ inovasi kreatif pada produk kita. Beberapa tahun yang
lalu, pernah ngetren kancing baju di
ujung krah. Kelihatannya remeh, tapi dampaknya luar biasa dan menjadi tren
busana pada waktu itu.
Contoh lain,
pada awalnya kita hanya mengenal jenis bakso. Sekarang berkembang menjadi
banyak varian bakso; bakso bakar, bakso kotak, bakso ikan. Demikian juga
munculnya banyak varian jenis makanan, itu adalah salah satu hasil dari inovasi
kreatif!
Sekali lagi
tidak perlu muluk-muluk, amati produk yang sudah ada, lalu tambah sedikit
value-nya. Produk-produk keren yang
ada saat ini juga muncul dari hasil evolusi produk-produk yang sebelumnya sudah
ada. Smartphone, socmed, adalah hasil inovasi dari produk-produk sebelumnya.
So berkreasi-lah!
Bagaimana dengan Anda?
Artikel menarik berikut ini bisa memperluas kreatifitas Anda : Cara Membangun Kreatifitas atau yang ini : Kehidupan yang Menarik
0 komentar:
Posting Komentar