My Product

My Product

Selasa, 05 Agustus 2014

Kreatif!


Kreatif
Kreatif



Kata orang agar usaha atau bisnis bisa meningkat maka perlu kreatif!

Sebagai contoh adalah PT Kereta Api Indonesia dan PT Pos Indonesia sebagai salah satu perusahaan logistik. Seandainya kedua perusahaan plat abang itu tidak berevolusi dengan inovasi baru yang kreatif, niscaya keduanya tinggal sejarah. Kini, kedua perusahaan itu mengalami pertumbuhan yang pesat dengan berbagai inovasi kreatif-nya.

Lalu bagaimana dengan kita, sudahkah berinovasi untuk meningkatkan usaha kita?

Tentu sudah banyak yang melakukan, atau baru sedikit, atau masih coba-coba untuk menemukan formula yang tepat, yang pasti terus berusaha, jangan berhenti hehehe....

Semakin banyak kita bergerak dan mencoba, semakin banyak juga template yang ditemukan. Perlu tenaga banyak? Iya emang seperti itu, tapi yakinlah bahwa tak ada yang sia-sia tenaga yang sudah dikeluarkan.... masih kata orang “ semua akan indah pada waktunya”

Langkah awal yang bisa dilakukan adalah melakukan benchmarking, bukankah ada yang mengatakan bahwa tidak ada yang benar-benar baru di dunia ini, yang ada hanyalah pengulangan.

Luangkan waktu sejenak untuk mengamati produk sejenis dari produsen lain. Bukan berarti kita ‘hanya’ menjadi pengikut, tapi langkah ini akan kita jadikan sebagai pembanding. Ada kan sebuah pepatah “ seperti katak dalam tempurung “, yang kurang lebih maksudnya adalah bila kita tidak pernah melihat ‘dunia luar’, kita akan jauh tertinggal. Kita sudah menganggap produk kita hebat, tapi tatkala melihat yang diproduksi produsen lain ternyata jauh tertinggal.

Maka sekali-kali kita perlu melongok keluar!

Langkah berikutnya beri ‘sedikit’ inovasi kreatif pada produk kita. Beberapa tahun yang lalu, pernah ngetren kancing baju di ujung krah. Kelihatannya remeh, tapi dampaknya luar biasa dan menjadi tren busana pada waktu itu.

Contoh lain, pada awalnya kita hanya mengenal jenis bakso. Sekarang berkembang menjadi banyak varian bakso; bakso bakar, bakso kotak, bakso ikan. Demikian juga munculnya banyak varian jenis makanan, itu adalah salah satu hasil dari inovasi kreatif!

Sekali lagi tidak perlu muluk-muluk, amati produk yang sudah ada, lalu tambah sedikit value-nya. Produk-produk keren yang ada saat ini juga muncul dari hasil evolusi produk-produk yang sebelumnya sudah ada. Smartphone, socmed, adalah hasil inovasi dari produk-produk sebelumnya.

So berkreasi-lah!

Bagaimana dengan Anda? 


Artikel menarik berikut ini bisa memperluas kreatifitas Anda : Cara Membangun Kreatifitas atau yang ini : Kehidupan yang Menarik

0 komentar:

Posting Komentar