Kamis, 17 Juni 2021

Re-branding, Perlukah?


Seorang teman yang sudah lama berkecimpung di dunia training bahasa Inggris berusaha meningkatkan pendapatannya dengan melakukan beberapa strategi antara lain re-branding. Salah satu yang dijalankan adalah dengan merubah logo perusahaan.

Beberapa perusahaan besar juga melakukan ini, yaitu dengan  merubah logonya dan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Ada perusahaan di bidang oil & gas, perbankan, telekomunikasi, distribusi, dan makanan.

Lalu bagaimana dampak penggantian logo terhadap perusahaan? Apakah omsetnya semakin meningkat? Tingkat kepercayaan pelanggan semakin baik?

Logo yang baik menurut Shimp,adalah :
1.       Mudah dikenali dan juga mudah diingat kembali
2.       Essensial-nya membawa meaning yang dipersepsikan sama oleh konsumen
3.       Menimbulkan suatu perasaan yang positif

Untuk lebih jelasnya coba kita lihat pengaruh penggantian logo oleh beberapa perusahaan :

Starbuck
Logo Starbuck yang baru membuat perusahaan tersebut kini telah menjelma menjadi seperti Nike atau Apple yang telah membuat konsumen bercerita mengenai logo mereka.



Re-branding
evolussi logo


Bank Mandiri
Peluncuran logo baru merupakan manifestasi visual program transformasi Bank Mandiri untuk menjadikan Bank Mandiri sebagai Dominant Multi Specialist menuju Regional Champion Bank.



Re-branding
evolusi logo


Frisian Flag Indonesia
Logo terbaru yang terlihat lebih segar dan modern ini merupakan bentuk adaptasi terhadap masyarakat Indonesia yang dinilai semakin modern.


Re-branding



Dari beberapa contoh di atas, dapat dilihat bahwa penggantian logo perusahaan bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap kinerja perusahaan.

Teman saya mungkin ingin meniru apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan besar. Perubahan yang bisa dilihat dalam waktu yang pendek adalah penampilan kantor. 

Rencana merekrut karyawan baru pun sudah dilakukan dengan memasang lowongan pekerjaan di beberapa media, sehingga mereka yang mengirimkan surat lamaran pekerjaan benar-benar sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Selain itu, warna berubah, kop surat, invoice, screen saver di komputer… tapi seragam karyawan belum berubah J

Berikut ini perubahan logo-nya.



Re-branding
evolusi logo ILC Sidoarjo


Untuk pengaruh kinerja perusahaan belum terlihat dan perlu beberapa bulan ke depan.

Moga dengan penggantian logo baru kinerjanya semakin baik. Amiiin. 

Demikian yang bisa kami share, semoga bermanfaat dan terima kasih.

***

Prospek dan Peluang Bisnis Kursus Komputer

Pospek dan Peluang  Bisnis Kursus Komputer
MCC Sidoarjo


Seorang teman sedang merintis lembaga kursus komputer dengan bidang keahlian administrasi perkantoran, akuntansi komputer, dan secara bertahap merambah keahlian lain, yaitu pemrograman, desain grafis serta multimedia.   

Lazimnya sebuah bisnis yang baru didirikan, diperlukan usaha yang sungguh-sungguh dan fokus layaknya merawat bayi. 

Siswa atau peserta kursus masih sedikit, sedangkan biaya operasional dan marketing terus jalan. 

Sebulan, dua bulan, dan tiga bulan….. belum ada tanda-tanda bisnis itu akan tumbuh pesat, sampai pada titik tertentu kadang timbul pemikiran “ apakah akan dilanjutkan atau cukup sampai di sini saja! “.

Beberapa langkah dan terobosan ‘seakan-akan’ sudah dijalankan, tapi hasilnya belum sesuai harapan. 

Om Google sudah jadi teman karib sehari-hari. Sebagai teman untuk mencari informasi bahkan kadang, karena ‘seolah-olah’ otak sudah buntu, dia pun siap menampung keluh kesahnya J


Analisis Bisnis Kursus Komputer 

analisis prospek bisnis kursus komputer

Pertanyaan berikutnya yang muncul adalah “ masih prospektifkah membuka kursus komputer?” 

Yuk kita analisis bareng-bareng...

Bila usaha itu tidak prospektif, kenapa banyak lembaga sejenis yang bisa berjaya, seperti Komputer-Teknologi dan namanya cetar membahana? 

Lalu kesimpulannya adalah “ pasti ada sesuatu “ yang menyebabkan usaha itu belum berkembang.

Saya menulis “ ada sesuatu “ karena sesuatu itu bisa kesalahan atau memang “belum waktu-nya”, kata pemudah lebay “bukankah semua akan indah pada waktunya” J

Saya percaya, selalu ada sisi teknis dan sisi lain yang di luar kekuasaan kita. 

Bila faktor teknis sudah diterapkan dengan benar, tapi hasilnya belum sesuai yang diharapkan, maka tidak usah galau, cool aja man. Harapan itu masih ada!

Pada saat saya mengikuti training project management, apabila sebuah proyek sudah di-implementasikan sesuai dengan juklak-nya sedangkan result-nya belum sesuai dengan yang diharapkan.

Maka kita review kembali langkah-langkah yang sudah dijalankan, barangkali ada yang terlewatkan!

Logikanya adalah bila kita melakukan langkah 1,2,3 maka hasilnya anggap saja A, lalu kenapa langkah1,2,3 sudah dilakukan, hasilnya belum 100% A? 

Kemungkinan pertama, langkah 1,2,3 belum dijalankan 100%. Kedua, ada faktor tertentu yang di luar kekuasaan kita.

Demikian juga apa yang terjadi dengan teman saya itu. Kemungkinan pertama, dia belum melakukan upaya sebesar 100% untuk mengembangkan usaha kursusnya. 

Menurut ‘perasaannya’ teman saya itu sudah melakukan upaya 100%, padahal kenyataannya belum!

Atau barangkali diperlukan kreatifitas, seperti dalam artikel berikut : Cara Membangun Kreativitas atau di sini : Be Kreatif!

Untuk mengukurnya, bandingkan dengan orang lain,  apa yang sudah dilakukan.

Bagaimana hasil perbandingannya?

Dari hasil perbandingan tersebut selanjutnya lakukan analisis mengenai apa yang akan dilakukan ke depan, jajaki kolaborasi dengan pihak lain, tentu setelah melakukan negosiasi.

Demikian sedikit tips sederhana dan mudah tentang prospek usaha kursus komputer, tak terkecuali kursus akuntansi komputer.

Semoga bermanfaat dan terima kasih.

***   

Sabtu, 22 September 2018

Cara Membuat Laporan Laba Rugi ala Para Ahli Akuntansi



Keuntungan yang disajikan dalam LAPORAN LABA RUGI adalah tujuan utama dari berbisnis. betul begitu kan?

Bila anda mengatakan bila bisnis sekedar mengisi waktu luang, hobi atau daripada nganggur, boleh-boleh saja, tak ada yang ngelarang.

Semua tergantung pada niatnya kata orang bijak.
Bila niat anda berbisnis bukan untuk mencari keuntungan, namun yang kedua, "aku salut bro, dua jempol untu Sampeyan" :)

Apakah perlu dibuat Laporan Laba Rugi?
Kedua niat dan tujuan berbisnis di atas, perlu dibuatkan Laporan Keuangan!
"loh kok gitu?"
"ya emang seperti itu, piyeh maneh"

Kecuali kalau bisnismu ingin meluncur ke jurang kebangkrutan, yo wis kagak usah dibuat laporan laba rugi dan laporan-laporan yang lain :)

So, bagaimana cara membuat laporan laba rugi?
"Gampang kok mas, ndak sulit"
"gampang gimana?"
"iya gampang"
"pelajari formatnya, lalu ikuti dan kemudian sajikan seperti format tersebut, beres deh"
"gitu ya?"
"yuppp"
Sekarang kita bedah anatomi laporan laba rugi yo...


Format Laporan Laba Rugi 

Perhatikan ilustrasi gambar yang menjelaskan format laporan laba rugi berikut:

format laporan laba rugi

Dari gambar ilustrasi di atas kita jadi tahu, bahwa dalam laporan laba rugi ada 4 komponen utama yang menyusunnya, yaitu:
1. Sales atau penjualan
2. COGS atau Harga Pokok Penjualan (HPP)
3. Expenses atau Beban atau Biaya
4. Biaya dan pendapatan lain seperti pendapat dan biaya bunga

Format laporan laba rugi sudah ketemu, selanjutnya adalah mengelompokkan transaksi-transaksi bisnis sesuai dengan komponen penyusun laporan laba rugi.

"Terus piye maneh bro?"

"yo wis tinggal sajikan saja hasil pengelompokkan yang sudah kita kerjakan, selesai deh"

Gampang kan?

Agar semakin jelas, berikut ini saya sajikan contoh laporan laba rugi:


Itulah bentuk sederhana dari sebuah laporan laba rugi, sekarang waktunya kita untuk mempraktekkan ilmu berharga ini dalam lingkungan bisnis kita.

Dan agar semakin jelas, saya sajikan satu contoh lagi laporan laba rugi perusahaan dagang berikut ini:
contoh laporan laba rugi

Bagaimana, mudahkan kan?
Sekarang coba buat laporan keuangan untuk usahamu sendiri, dan kalau masih ada yang belum jelas silahkan ditanyakan...
Atau jika tak ingin ribet dalam mengelola keuangan usaha, Anda bisa menggunakan SOP Accounting & Finance dengan Accounting Tools yang bagus dan tepat guna.

Demikian sedikit yang bisa kami share, semoga bermanfaat dan terima kasih.*****



Kamis, 05 Mei 2016

Artikel menarik, renyah dan mencerahkan tentang akuntansi dan keuangan

blog manajemenkeuangan.net


Terima kasih untuk pembaca setia di blog ini,
untuk memberikan layanan yang lebih luas, berkualitas dan jos markojos,

kami membuka rumah baru, bukan rumah minimalis sederhana, tapi rumah sederhana yang di-isi dengan konten menarik dan bermanfaat tentang :

1. Manajemen keuangan
2. Akuntansi
3. Download gratis ebook bagus tentang soft skill, form dan template keuangan yang langsung bisa digunakan sesuai kebutuhan Anda.
4. Informasi tentang pembelajaran komputer akuntansi dan seluk beluk software/aplikasi akuntansi.

Semua materi tersebut disampaikan secara renyah, nyante, namun mengenai dan masuk ke dalam pikiran dan sanubari tanpa diduga.

Ada artikel terbaru tentang cara menghitung zakat properti dan cara menghitung zakat profesi,
ikuti cara-cara sederhananya, gampang dipelajari dan dipraktekkan.

Buruan menjelang Ramadhan, agar bisa membersihkan harta-hartamu dan tenang menjalankan ibadah Ramadhan,

Bila ingin mengintip laporan keuanga sebuah klub sepak bola serta dibandingkan dengan klub persebaya dengan bonekmanianya ada di artikel laporan keuangan klub sepak bola

Atau bila ingin memiliki motor sport ala BMW K1300S, ada juga caranya di artikel inilah cara memiliki motor sport.

Pokoknya gak ada ruginya mengikuti artikel-artikel cantik di blog manajemen keuangan :)

manajemen keuangan blog

Anda yang ingin mendalami dan mahir masalah manajemen keuangan, akuntansi dan mahir membuat Standar operasional prosedur - SOP Akuntansi Keuangan segera saja berlangganan artikel blog Manajemen Keuangan.

Selalu ada yang baru setiap minggunya, bahkan sebelum seminggu artikel baru sudah nongol. artikel yang benar-benar menggugah jiwa, mencerdaskan otak, dan bermanfaat untuk perbaikan hasil kerja dan karir anda.

Tidak hanya artikel-artikel bermanfaat, kami juga membuat template dan tool-tool akuntansi simple dan ringan, seperti aplikasi Excel untuk menghitung stock barang dagangan, aplikasi excel untuk menghitung PPh 21, menghitung penyusutan dan masih banyak lagi.

Kami peduli pada Anda...

Maka terlalu sayang bila dilewatkan begitu saja....

Minggu, 13 Maret 2016

Hibernate atau Mati !

hibernate-atau-mati
Batu Akik




Update terbaru artikel-artikel menarik, renyah, dan inspiring tentang manajemen keuangan, akuntansi, karir bidang keuangan, dan personal finance pindah ke  www.manajemenkeuangan.net


Sabtu dan minggu di awal Maret, saya mendengarkan cerita tentang akik dari tukang yang sedang memperbaiki rumah, dia bercerita bahwa batu akik di Indonesia adalah yang terbaik di dunia :)

Bumbu cerita mistik pun meluncur deras dari lisannya. Salah satunya adalah batu akik yang dilemparkan ke sungai, air sungai berubah warna menjadi merah! Masih menurutnya, ada batu akik yang di dalamnya ada taman hijau yang rumputnya hidup!

Terlepas benar atau tidaknya cerita itu, fakta menunjukan bahwa aura batu akik kini telah hilang, tidur sementara, atau selamanya hanya Tuhan yang tahu. Harga batu akik turun drastis bahkan cenderung tidak laku.

Bercerita ‘kemonceran’ batu akik beberapa waktu lalu, bahkan pernah menjadi selebriti di Google sangat menarik  mencermati dua artikel dari Cak Iman Supriyono dan Kang Yodhia Antariksa yang membahas tentang batu akik yang pernah ‘moncer’ beberapa waktu yang lalu, pendapat keduanya hampir mirip bahwa bisnis batu akik adalah bisnis yang belum mapan.

Cak Iman Supriyono  menyebutkan bahwa karakter bisnis adalah non branded dengan pasar belum mapan. Harga dan tata niaga sangat bervariasi. Mirip saham berkapitalisasi pasar rendah. Masih menurutnya, harga mudah dipermainkan dan resiko tinggi.

Padahal untuk membangun merk yang baik adalah tentang komunikasi dari hati ke hati, tentang berbagi spirit, nilai-nilai luhur, otentisitas, keyakinan dan rasa saling percaya dengan pelanggan.

Lalu bagaimana menurut Kang Yodhia Antariksa yang seorang konsultan manajemen, kehebohan batu akik ketika itu menurutnya sebagai fenomena “kegoblokan kolektif”!     

Para ahli ilmu financial psychology atau financial behavior menyebut fenomena financial mania itu dengan istilah “irrational exuberance”.

Irrational exuberance adalah saat ribuan atau bahkan jutaan orang berbondong-bondong membeli sesuatu karena dorongan emosi kolektif. Yang acap tidak rasional. Emosi dan eforia masal membuat kita semua mudah terjebak dalam “irrational exuberance”. Ramai-ramai menjadi goblok. Kegoblokan kolektif.

Pelan-pelan, eforia masal itu biasanya menjadi bubble yang kemudian pecah. Gelombang kegilaan kolektif itu mendadak meletus, dan seketika semua harga berjatuhan.

Pertanyaan berikutnya adalah apakah fenomena batu akik itu hanya redup sementara atau layu dan mati untuk selama-lamanya....

Kita tunggu saja perkembangannya.

***