Senin, 11 Mei 2015

Re-branding, Perlukah?


Seorang teman yang sudah lama berkecimpung di dunia training bahasa Inggris berusaha meningkatkan pendapatannya dengan melakukan beberapa strategi antara lain re-branding. Salah satu yang dijalankan adalah dengan merubah logo perusahaan.

Beberapa perusahaan besar juga melakukan ini, yaitu dengan  merubah logonya dan menghabiskan dana yang tidak sedikit. Ada perusahaan di bidang oil & gas, perbankan, telekomunikasi, distribusi, dan makanan.

Lalu bagaimana dampak penggantian logo terhadap perusahaan? Apakah omsetnya semakin meningkat? Tingkat kepercayaan pelanggan semakin baik?

Logo yang baik menurut Shimp,adalah :
1.       Mudah dikenali dan juga mudah diingat kembali
2.       Essensial-nya membawa meaning yang dipersepsikan sama oleh konsumen
3.       Menimbulkan suatu perasaan yang positif

Untuk lebih jelasnya coba kita lihat pengaruh penggantian logo oleh beberapa perusahaan :

Starbuck
Logo Starbuck yang baru membuat perusahaan tersebut kini telah menjelma menjadi seperti Nike atau Apple yang telah membuat konsumen bercerita mengenai logo mereka.



Re-branding
evolussi logo


Bank Mandiri
Peluncuran logo baru merupakan manifestasi visual program transformasi Bank Mandiri untuk menjadikan Bank Mandiri sebagai Dominant Multi Specialist menuju Regional Champion Bank.



Re-branding
evolusi logo


Frisian Flag Indonesia
Logo terbaru yang terlihat lebih segar dan modern ini merupakan bentuk adaptasi terhadap masyarakat Indonesia yang dinilai semakin modern.


Re-branding



Dari beberapa contoh di atas, dapat dilihat bahwa penggantian logo perusahaan bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap kinerja perusahaan.

Teman saya mungkin ingin meniru apa yang sudah dilakukan oleh perusahaan besar. Perubahan yang bisa dilihat dalam waktu yang pendek adalah penampilan kantor. Warna berubah, kop surat, invoice, screen saver di komputer… tapi seragam karyawan belum berubah J

Berikut ini perubahan logo-nya.



Re-branding
evolusi logo ILC Sidoarjo


Untuk pengaruh kinerja perusahaan belum terlihat dan perlu beberapa bulan ke depan.

Moga dengan penggantian logo baru kinerjanya semakin baik. Amiiin. 

***

0 komentar:

Posting Komentar