Senin, 30 Juni 2014

Memilih perusahaan pengiriman

“ On process ” “ Rumah kosong, barang retur “ “ Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakaan “ “ Kami cek dulu Pak “ Begitulah kira-kira beberapa kalimat yang sering kita dengar ketika berhubungan dengan pengiriman barang. Sebagai pengusaha harus bisa  memilih  perusahaan pengiriman dengan jeli dan cerdas. Apalagi saat ini banyak pilihannya. Mau yang murah meriah, murah tapi pelayanan tidak memuaskan,...

Selasa, 03 Juni 2014

Pelajaran bersentuhan dengan birokrasi

Tiga April 2014 : Di meja penerima tamu sebuah kantor dinas pemerintahan yang katanya mengurusi pengusaha kecil dan kawan-kawannya seorang anak muda dengan penuh percaya diri menyapa dan menanyakan sesuatu tentang UMKM. “ Selamat pagi “ sapanya. “ Pagi, ada yang bisa kami bantu “ balas petugas resepsionis. Kemudian terjadilah perbincangan yang hangat, dan sejurus kemudian anak muda itu keluar dari kantor pemerintahan itu. Esok harinya... Anak...

Senin, 26 Mei 2014

Menjadi Supplier Modern Market

Berkembang dan tidaknya sebuah usaha, salah satunya tergantung pada luas pasar yang bisa dijangkau. Semakin luas area pemasaran yang bisa dijangkau, pelanggan akan semakin mudah mendapatkan produk itu sehingga omset meningkat. Untuk bisa memperluas area pemasaran, salah yang bisa dilakukan adalah menjadi supplier di pasar modern! " Ah, itu sulit Mas" Iya, memang tidak mudah! tapi masih bisa ditembus. Ibarat sebuah pepatah semua akan...

Senin, 19 Mei 2014

Cara membeli dan membersihkan ikan segar

Cara membeli  dan membersihkan ikan segar Teliti bagian matanya, harus cerah dan berkilau. Ada beberapa jenis ikan yang memiliki warna merah darah pada matanya; ikan ini masih segar jika matanya merah tua dan sinar matanya berkilau. Buka katup insang ikan dan lihat insangnya. Insang harus berwarna merah tua menyala, bukan merah kecoklatan. Untuk jenis ikan bersisik, pastikan sisik-sisiknya masih melekat kencang dan tidak lepas. Saat...

Selasa, 29 April 2014

Kemasan (2)

Yth. pembaca, pelanggan, dan calon pelanggan. Sesuai dengan janji saya untuk melanjutkan tulisan pertama tentang Kemasan. Di tulisan pertama telah dijelaskan bahwa kesan pertama dan yang termudah adalah melalui kemasan! Perbincangan di sebuah cafe terkenal di Tunjungan, Surabaya mengalir dengan deras. Setelah Pak Djoko Marthadi mencoba satu per satu produk kami, beliau memberi beberapa saran, yaitu : 1. Agar cakupan pemasaran dari produk...