“ Pelanggan adalah raja”
Ungkapan itu sangat fenomenal dan kebanyakan orang tahu. Walaupun
ungkapan itu tidak sepenuhnya benar. Iya kan?
Seorang customer membeli produk atau jasa tidak semata-mata ‘kasihan’ atau ingin membantu penjual, tapi mereka
membutuhkan produk atau jasa.
Jadi ada semacam timbal balik yang saling menguntungkan.
Jadi ada semacam timbal balik yang saling menguntungkan.
Jadi pelanggan tidak bisa se-enaknya terhadap pembeli!
Memang, keberlangsungan suatu usaha sangat tergantung dari
penjualan.
Bagaimana mungkin usaha akan berkembang bila tidak ada pelanggannya? Betul kan? Oleh karena itu, bekerjasamalah dengan pelanggan!
Sebuah kerjasama yang setara dan saling menguntungkan. Terima masukkan baik dari pelanggan, entah itu berkaitan dengan detail produk/jasa dan pelayanan.
Bagaimana mungkin usaha akan berkembang bila tidak ada pelanggannya? Betul kan? Oleh karena itu, bekerjasamalah dengan pelanggan!
Sebuah kerjasama yang setara dan saling menguntungkan. Terima masukkan baik dari pelanggan, entah itu berkaitan dengan detail produk/jasa dan pelayanan.
Ada pengalaman yang mungkin bisa diambil hikmahnya berkenaan
dengan bisnis kami, yaitu menjual produk hasil laut.
Waktu itu kami menjual 4 produk dengan 4 varian kemasan. Ada seorang calon pembeli yang melihat-lihat dan mencoba produk kami.
Waktu itu kami menjual 4 produk dengan 4 varian kemasan. Ada seorang calon pembeli yang melihat-lihat dan mencoba produk kami.
Setelah ngomong
ngalor-ngidul dia mulai menyinggung produk kami.
“ bisakah rasa asinnya dikurangi, sedikit saja?”
Saya tanya balik, “ ini terlalu asin ya?”
“ ada beberapa orang yang kurang suka asin, sehingga bila
rasa asinnya dikurangi sedikit saja, saya rasa akan semakin banyak orang yang
suka”
“ lalu, kalau bisa lebih banyak lagi varian kemasannya “ dia
melanjutkan pembicaraannya.
“ satu lagi, desain labelnya lebih baik lagi ya “ kemudian
dia menutup pembicaraannya.
Saya berpikir ada benarnya juga masukannya.
Dan beberapa minggu kemudian kami mulai membenahi label dan memperbanyak variasi kemasan produk.
Dan beberapa minggu kemudian kami mulai membenahi label dan memperbanyak variasi kemasan produk.
Itu, salah satu masukkan dari pelanggan atau calon pelanggan
yang menurut kami bisa di aplikasikan.
Lalu bagaimana dengan Anda?
***