Jumat, 15 Mei 2015

Pengaruh Pembatasan jam operasional truk dan pendapatan perusahaan

Pengaruh Pembatasan jam operasional truk dan pendapatan perusahaan
Pembatasan jam operasional kendaraan


Saya sering melintasi ruas jalan Deanles Manyar – Sidayu Gresik, Jawa Timur. Sudah menjadi pemandangan yang lazim, di ruas jalan tersebut dilewati kendaraan-kendaraan besar dengan volume muatan yang besar.

Salah satu akibatnya, jembatan panjang yang membelahi Sungai Bengawan Solo di Ds. Sembayat ambrol dan setelah diperbaiki, kendaraan-kendaraan bertonase besar dilarang melintas di jembatan tersebut.  

Persoalan tidak selesai dengan pelarangan itu! Para pengusaha tidak kehilangan cara, mereka mengganti dengan kendaraan-kendaraan truk kecil. Kemacetan dibeberapa ruas jalan pun tak terhindarkan, terutama di jam-jam sibuk.

Pihak yang berwenang pun akhirnya memberlakukan peraturan baru yaitu pembatasan jam operasional truk. Waktu pembatasannya adalah Jam 06.00 – 09.00 dan 15.00 – 18.000.

Apakah pembatasan jam operasional truk itu berakibat sesuai yang diharapkan?

Belum!

Akibat kebijakan itu, kemacetan berpindah ke ruas jalan Sembayat – Sidayu, Gresik. Deretan truk berhenti dipinggir jalan menunggu jam pembatasan operasional itu berakhir.

Lalu bagaimana dampak kebijakan itu terhadap pendapatan perusahaan?

Mengambil contoh dari satu perusahaan di Sidayu yang mempunyai puluhan truk, menurut mereka dengan pembatasan jam operasional itu mengurangi pendapatan, truk yang sehari dapat 3-4 rit, sekarang hanya 2 rit.

Dampak berikutnya adalah mereka mengurangi jumlah alat berat yang bekerja di lokasi tambang, sehingga bagi pengusaha pendapatannya berkurang, bahkan rugi karena biaya operasional alat beratnya terus berjalan.  

Kesimpulannya adalah untukmenyelesaikan persoalan secara tuntas maka diperlukan analisa secara menyeluruh. Lalu ambil kebijakan yang menyeluruh tidak sebagian-sebagian, lalu implementasikan! 



***

Senin, 04 Mei 2015

Bisnis Online Perlu Administrasi yang Baik


Bisnis Online Perlu Administrasi yang Baik
pelangi



Tidak bisa dipungkiri, saat ini bisnis di dunia maya sedang marak.  Pemain-pemain besar sudah mulai terjun di bisnis ini. Sebelumnya mereka masih ragu dengan potensi yang ada di dunia maya. 

Pada tahap awal pebisnis yang muncul di dunia maya tidak jelas, menjual sesuatu yang belum dibutuhkan saat itu, ditambah tingkat kepercayaan yang masih rendah. Namun pelan dan pasti kondisi itu berubah! Berbondong-bondong orang mulai terjun di bisnis ini.

Fungsi administrasi turut memegang andil dalam sukses perusahaan. Bisa dibayangkan bagaimana sebuah bisnis tanpa ada pendukung administrasinya. 

“Pokoknya untung” begitu kira-kira pendapat beberapa orang. Pernyataan itu tidak sepenuhnya benar, memang salah satu tujuan berbisnis adalah mencari keuntungan. Pernyataan itu akan terasa powerfull jika didukung sistem administrasi yang baik.

Bila ada dukungan sistem administrasi yang baik, maka aktivitas bisnis itu akan dengan jelas diketahui gambaran tentang bisnis tersebut . Data-data tentang berapa keuntungan yang diperoleh, berapa penjualannya, berapa biaya operasionalnya, produk apa yang paling laris, periode yang paling ramai, semua dapat diketahui.

Dari data-data tersebut, seorang pebisnis bisa menganalisa kemudian mengambil keputusan-keputusan yang penting untuk mengembangkan bisnis.

Agar data-data tersebut bisa diperoleh, disajikan, dan didokumentasikan dengan baik maka diperlukan tenaga yang profesional di bidang itu. Bila ingin memperoleh informasi yang lebih banyak tentang administrasi di sini.

Tips dan trik tentang administrasi, akuntansi, laporan keuangan bisa di peroleh di artikel ini : 6 Cara Menganalisa Laporan Keuangan ( bagian ke -1) dan di  Cara Sederhana Menganalisa Laporan Keuangan atau bila ingin belajar serta ada bonusnya silahkan baca di sini : Belajar Akuntansi Bonus Belajar Pajak

Intinya jangan mangesampingkan fungsi administrasi. Selamat menyambut bisnis dunia maya yang terus berkembang.



***

Jumat, 01 Mei 2015

Bersegeralah, apa yang ditunggu untuk berbisnis di dunia lain!

Bersegeralah, apa yang ditunggu untuk berbisnis

“ Ambil antriannya Pak, enter saja “

Sesaat setelah saya masuk disebuah kantor perusahaan pengiriman. Sepuluh orang sudah menunggu di sana. Jadi saya kebagian nomer antrian yang ke 111. Baru sesaat menunggu beberapa orang berdatangan dan mengambil nomer antrian.

Ada cletukan dari salah seorang yang baru datang “ bisnis online lagi booming”.

Woow excited banget nih! Bisnis di dunia maya memang sedang naik!

Salah seorang pejabat di sebuah perusahaan search engine di negeri tirai bambu bahkan menyebutkan bahwa kondisi e-commerce di Indonesia saat ini mirip dengan China 5 tahun yang lalu.

Salah satu tanda kenaikan itu adalah berkembangnya perusahaan-perusahaan ekspedisi. Orang yang terjun ke bisnis ini pun semakin banyak.

So nunggu apa lagi…..


Besegerah! Wujudkan ide bisnis Anda!  

***

Selasa, 28 April 2015

Kesederhaan vs Jlimet

Kesederhaan vs Jlimet
kesederhaan-vs-jlimet


Pada saat mengisi training komputer untuk aplikasi administrasi dan  bisnis, ada salah seorang peserta yang bertanya “ Mengapa menggunakan rumus yang panjang Pak, kan bisa langsung di-entry manual?”.

Sejenak saya terdiam, bagaimana nih ? J

Memikirkan cara memberikan penjelasan yang sederhana. Kata pujangga, kesederhaan adalah puncak dari pengetahuan. Contohnya, search engine penampilan dan cara untuk menggunakannya sangat sederhana. Dan manfaatnya, tidak usah disangsikan lagi. Dan sesuatu yang sederhana itu kita mengetahui bahwa di ‘dalam’nya berisi algoritma-algoritma rumit yang tidak semua orang tahu.

Balik ke pertanyaan di atas, saya coba memancing logika penanya dengan memberikan pertanyaan “ latihan yang baru saja Anda kerjakan kan terdiri dari beberapa data saja, lalu bagaimana kalau data-nya banyak atau banyak sekali? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk meng-entry data tersebut?

Melalui pertanyaan yang sederhana itu, dengan mudah penanya memahami atau tepatnya menyadari akan pentingnya fungsi dari formula-formula yang ‘panjang-panjang’ itu. Walaupun bagi yang sudah terbiasa dengan penulisan program, itu belum ada apa-apanya.

Dari hal yang sederhana itu, intinya adalah bagaimana cara menyederhanakan sesuatu agar menjadi lebih baik.   


Bila Anda ingin mengasah kreativitas, baca artikel berikut : Be Creative! atau Cara Membangun Kreativitas.

***

Rabu, 22 April 2015

Sekali lagi “ komplain pelanggan”!

komplain pelanggan


Apapun bisnisnya, komplain dari  pelanggan selalu ada.  Dan membahas persoalan itu tak akan ada habisnya. Dari satu komplain ke komplain berikutnya akan memunculkan perbaikan. Itulah baiknya komplain.

Suatu ketika ada seorang pebisnis baru di bidang kuliner, setelah pesanan dikirim melalui perusahaan ekspedisi, dengan penuh harap kirimannya akan berjalan dengan sukses, sehingga pembayaranya pun akan sukses.

Tapi apa yang terjadi?….

Bukannya pujian yang datang, tapi komplain dari pembeli yang ‘nampaknya’ tidak puas dengan barang yang dipesan.

“ packing-nya rusak!” begitu kira-kira kalimat yang keluar dari lisan pembeli.

Sang pebisnis baru dengan berusaha tetap tenang menanggapi komplain itu dengan mengatakan

 “ bila Ibu tidak berkenan dengan barang yang dibeli, saya akan mengganti uang Ibu 100%”

Dari seberang sana terdengan kalimat yang lebih sopan

“ tidak usah diganti Pak, cuma lain kali packing-nya diperbaiki ya”

Ploooongggg, seakan-akan ada ikatan yang terlepas…. Begitu di rasakan pebisnis baru itu.

Pesan dari pembeli untuk memperbaiki packing product-nya adalah  sebuah ‘perbaikan’.

Jadi, tidak usah galau bila ada komplain dari pelanggan, hadapi saja dengan santai, tenang, lalu lakukan perbaikan!

***